5 SANTRI YG BERJASA BAGI INDONESIA

Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada pahlawan yg lain, berikut ini pahlawan nasional dan pejuang kemerdekaan Indonesia yg ternyata seorang santri, langsung saja:

  1. KH WAHID HASYIMkh wahid hasyim, kh wahid hasjim

Kiai Haji Abdul Wahid Hasjim adalah pahlawan nasional Indonesia dan menteri negara dalam kabinet pertama Indonesia.

Lahir: 1 Juni 1914, Kabupaten Jombang

Meninggal: 19 April 1953, Kota Cimahi

Anak: Abdurrahman Wahid

Orang tua: Hasjim Asy’ari, Nafiqoh

Cucu: Yenny Wahid, Inayah Wulandari, Anita Hayatunnufus, Alissa Qotrunnada

Kakek / Nenek: Kyai Asy’ari, Halimah

  1. KH AHMAD DAHLAN

Kyai Haji Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Ia adalah putera keempat dari tujuh bersaudara dari keluarga K.H. Abu Bakar.kh ahmad dahlan

Lahir: 1 Agustus 1868, Daerah Istimewa Yogyakarta

Meninggal: 23 Februari 1923, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kebangsaan: Indonesia

Pasangan: Nyai Ahmad Dahlan (m. ?–1923)

Anak: Djohanah, Dandanah, Irfan Dahlan, Siti Aisyah, Siradj Dahlan, Siti Zaharah, Siti Busyro

Orang tua: KH Abu Bakr, Nyai Abu Bakr

  1. KH HASYIM ASY’ARI

Kyai Haji Mohammad Hasjim Asy’arie bagian belakangnya juga sering dieja Asy’ari atau Ashari adalah salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama, organisasi massa Islam yang terbesar di Indonesia.kh hasjim asjari, kh hasyim asy'ari

Lahir: 10 April 1875, Kabupaten Jombang

Meninggal: 25 Juli 1947, Kabupaten Jombang

Pasangan: Khadijah Asy’ari

Anak: Wahid Hasjim, Abdul Karim, Abdul Hakim, Azzah, Ubaidillah,lainnya

Orang tua: Halimah, Kyai Asy’ari

Cucu: Abdurrahman Wahid

  1. HAJI MISBACH

Haji Mohamad Misbach yang lebih dikenal dengan Haji Misbach atau Haji haji misbach, haji misbahMerah (Surakarta, 1876–1926), dilahirkan di Kauman, di sisi barat alun-alun utara, persis di depan keraton Kasunanan dekat Masjid Agung Surakarta. Semasa kecil, dia bernama Ahmad, lalu berganti nama menjadi Darmodiprono setelah menikah. Dan usai menunaikan ibadah haji, barulah dia dikenal sebagai Haji Mohamad Misbach. Ayahnya adalah seorang pejabat keagamaan selain juga seorang pedagang batik yang kaya raya.

Pada usia sekolah, dia ikut pelajaran keagamaan dari pesantren, selain di sekolah bumiputera “Ongko Loro”. Basis pesantren serta lingkungan keraton Surakarta inilah yang kemudian mempengaruhi sosok Misbach nantinya menjadi seorang Mubaligh. Meski orang tuanya menjabat sebagai pejabat keagamaan keraton, hal tersebut tidak membuat dia jauh dari persoalan-persoalan yang dihadapi oleh rakyat.

Perkenalannya dengan dunia aktivis menarik minatnya untuk mulai melibatkan diri secara penuh dengan bergabung dalam Inlandsche Journalisten Bond (IJB) bentukan MasMarco Kartodikromo pada tahun 1914.

  1. BUNG TOMO (SUTOMO)

Sutomo (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 3 Oktober 1920 – meninggal di Padang bung tomo, sutomo, sumpah pemudaArafahArab Saudi, 7 Oktober 1981 pada umur 61 tahun) lebih dikenal dengan sapaan akrab oleh rakyat sebagai Bung Tomo, adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Kelima pejuang ini telah berjasa bagi kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia, meskipun mereka seorang santri yang identik dengan pendidikan agama Islam, justru dalam pendidikan santri di pesantren mereka memiliki semangat nasionalisme yg tinggi, yg dibuktikan dengan jasa-jasa perjuangan mereka dalam membela dan membebaskan bangsa Indonesia dari penjajah. Mereka adalah suritauladan baik bagi generasi muda Indonesia muslim atau non muslim Indonesia. Bagai mana menurut pendapat Anda?  Terima kasih Wikipedia atas data-datanya.

 

Incoming search terms:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *