The Power Of Blogging

POL– Kenapa sih kita belajar membuat blog dan mengisi posting? Ternyata aktivitas blogging itu banyak manfaat dan nilai posutifnya.  Ada sebuah penelitian yg dilakukan oleh Adi Onggoboyo, mahasiswa ITB jurusan Fisika yg melihat fenomena keunikan dan kedinamisan dunia cyber. Dari 211 blogger yg ada di Indonesia, 95,26 % menyatakan bahwa dengan memiliki dan mengelola blog banyak hal positif yg didapatkan seorang blogger. Hal-hal positif itu di antaranya :the power of blogging, blog

  1. Meningkatkan gairah hidup.
  2. Lebih disiplin.
  3. Semangat prestatif.
  4. Menjalin dan memperbanyak relasi.
  5. Rajin menulis.
  6. Lebih kreatif.
  7. Menambah berbagai wawasan dengan membaca, berfikir atau mendengar dan
  8. Lega karena bisa berbagi.

Kenapa kedelapan hal positif ini bisa didapat dari blog? Apa sebenarnya the power of blogging itu?

Nah, untuk menjawab soal ini, ada baiknya melihat ulasan blogger Oktavianus Ken Manungkarjono, pengelola blog http://kenz.or.id yang  juga staff UPTB Psikologi UGM. Menurut Ken, ada beberapa  manfaat secara psikologi yg bisa didapat ketika seorang memiliki dan senang menulis di blog (blogging).

(1). Dari sisi psikologi manfaat kegiatan blogging itu bisa merangsang otak. Sebab aktivitas blogging mulai dari mendesain blog sampai dengan menulis blog tiap waktu merupakan suatu proses mental otak yg melibatkan jutaan sel otak. Peneliti otak bernama Dr. Marian Diamond telah menghabiskan waktu tiga puluh tahun untuk mengadakan rangkaian percabaan terhadap otak. Hasilnya disimpulkan bahwa pada umur berapa pun sejak lahir hingga mati adalah mungkin untuk meningkatkan kemampuan mental otak dengan rangsangan lingkungan; dibuktikan dengan membandingkan jumlah jalinan sel otak pada tikus hasil percobaan Diamond, tikus yg otaknya terus menerus dirangsang memiliki jumlah jalinan yg diberi rangsangan pada otaknya.

(2). Blogging juga dapat membuat jiwa sahat. Menurut Dr. Pennebaker, dengan menuliskan perasaan-perasaan yg muncul terutama hal-hal yg negatif akan memberikan rasa puas dan lega. Nah, melalui blog siapapun yg punya persoalan, tekanan, maupun masalah dlm hidup mereka bisa melepaskannya dengan menuliskan di blog pribadi mereka. Ini yang dimakusud dengan katarsis atau pembebasan atau pelepasan ketegangan-ketegangan dan kecemasan-kecemasan dengan jalan mengalami kembali dan mencurahkan keluar kejadian-kejadian traumatis di masa lalu, yg semula dilakukan dengan jalan menekan emosinya ke dalam ketidak sadaran. Menurut KBBI Katarsis adalah: 1. penyucian diri yg membawa pembaruan rohani dan pelepasan dr ketegangan; 2. cara pengobatan orang yg berpenyakit saraf dng membiarkannya menuangkan segala isi hatinya dng bebas; 3. kelegaan emosional setelah mengalami ketegangan dan pertikaian batin akibat suatu lakuan dramatis.

Menulis di blog jelas lebih bermanfaat dibandingkan melepaskan semua persoalan itu dengan tindakan anarkis. Karena bukannya mendapatkan ketenangan jiwa, melakukan tindakan anarkis malah akan memunculkan persoalan baru yg semakin membuat jiwa seseorang bertambah resah.

(3). Manfaat lain dari kegiatan blogging juga sebagai media pembelajaran. Ketika blogger mengungkapkan perasaan melalui suatu blog, maka ia akan belajar mengenal perasaan-perasaan dan emosi-emosi yg muncul dari suatu peristiwa dalam keseharian. Semakin sering ia menyadari hal tersebut akan semakin kenal dirinya. Menurut Aaron Beck, orang yg mengenal dirinya ketika menghadapi persoalan demi persoalan, maka ia akan dapat mengontrol emosinya.

Aktivitas komentar atau saran yg diberikan oleh blogger lain yg mengunjungi blog juga bisa memberikan solusi atau setidaknya penyadaran bagi seorang blogger untuk menghadapi situasi yg sedang dihadapi dengan bijak. Ketika membaja blog orang lain atau blog walking, tak jarang ada banyak informasi baru tentang berbagai hal. Secara tak langsung pengetahuan baru atau pengalaman orang lain tersebut akan mengendap dalam pikiran sehingga pada suatu saat , dimana seorang blogger mengalami hal yg sama, secara sengaja atau tidak dapat memakai pengetahuannya tersebut untuk memecahkan masalah yg sedang dihadapi dengan mudah.

(4). Blogging dapat membantu seseorang untuk belajar berafiliasi dalam interaksi sosial. Mengutip penelitian Adi Onggoboyo, 58,29 % dari 211 blogger mengatakan komunikasi melalui blog membuat mereka merasa cepat akrab. 51,65% dari 211 blogger merasa lebih akrab berkomunikasi via blog dengan temannya yg sudah dikenalnya dalam dunia nyata. Saling berbagi cerita dan pengetahuan membuat seseorang mulai mengenal seseorang yg lainnya secara lebih mendalam. Keterbukaan dan kepercayaan akan menciptakan suatu jalinan afiliasi yg dapat pula menumbuhkan hubungan emosi blogger yg satu dengan yg lainnya meskipun tidak melakukan pertemuan fisik. Itulah empat kekutan rahasia dari blog. Bagaimana menurut Anda? Komentar atau pendapat Anda dapat ditulis di kolom di bawah ini. Bagi yg belum mempunyai blog, silahkan baca Cara Membuat Blog gratis dan Menarik. Happy Blogging!

Sumber: Rully Nasrullah, Handbook for Muslim Blogger, Mashun, 2008 dan sumber lainnya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *